Category Archives: Muslim

Goresan pena seorang Muslim

Melaksanakan sholat, tapi tidak menegakkan sholat!

Assalamu’alaykum, kembali berjumpa dengan tulisan saya yang apa adanya dan terkadang ada apanya….

Mumpung lagi nuansa Ramadhan, kali ini mari kita evaluasi salah satu dari kewajiban kita sebagai muslim… yaitu tentang sholat kita… apakah kita termasuk orang yang hanya melaksanakan Sholat??? atau termasuk orang yang mendirikan Sholat??

Sebelumnya perlu kita ketahui sesungguhnya Read the rest of this entry

Ibuku sayang

Ibuku sayang, selalu doakan anakmu ini.

ini adalah video yang sengaja saya buat sebagai wujud terimakasih dan kasih sayangku kepa beliau Ibundaku tercinta.

Bandung, 24 januari 2011 jam 11.13 am (M.T)

Umi, Selamat Ulang tahun

Delapan belas januari adalah tanggal bersejarah bagiku. Tanggal dimana dilahirkannya seorang wanita tangguh dan super segalanya. Beliau adalah wanita yang telah mengandung dan melahirkan tiga orang putra dengan penuh semangat dan kasih sayang. Beliau adalah ibuku.

Umi, di usiamu yang tak lagi muda kini, kasih sayang yang engkau berikan kepada putra-putramu semakin besar. Bahkan seakan-akan tak ada beban yang membebani punggungmu. Engkau rela tak tidur semalaman untuk mendoakan putra-putramu, bahkan engkau mampu merasakan sakit yang diderita oleh putra-putramu meskipun mereka tak pernah bercerita. Engkau selalu memanjatkan doa-doa terbaik untuk putramu.

Kiranya tak akan pernah cukup sebanyak apapun harta yang putra-putramu berikan kepadamu untuk membalas kasih sayangmu meskipun hanya secuil. Kiranya tak akan cukup sepanjang apapun kata-kata yang teruntai untuk mengucapkan terimakasih atas jasa-jasa yang telah kau berikan.

Semoga engkau senantiasa didalam lindungan dan kasih sayang-NYA.

Ya ALLAH berkahilah  usianya, panjangkan usianya, berikanlah yang terbaik untuknya, ampunilah segala dosanya, sayangilah ia seperti ia menyayangi hamba dikala hamba masih kecil.

Terima kasih umi, putramu senantiasa menunggu doa-doamu.

Bandung, 18 januari 2011 jam 5.45 am (ananda: Muhammad Thoifur)

 

Teruslah Melangkah Menuju Jannah

Hidup  itu indah kawand… jangan sia-siakan hidup kita di dunia ini yang memang cuma sekali…  Indahnya hidup tidak bisa diukur dari panjang pendeknya umur, dan tidak juga diukur dari kaya miskinnya orang, tetapi bisa dilihat dari bagaimana ia mengisi hidupnya.

Jangan pernah mengeluh karena gersangnya dunia. Nikmatilah tatapan-tatapan indahnya Jannah. Dunia ini hanyalah bersifat sementara, jangan pernah tertipu olehnya. Teruslah melangkah menuju Jannah. Dunia ini memang Read the rest of this entry

Nasehat dari Shahabat Sejati

sekedar merepost dari tulisan salah 1 dosen terbaik IT Telkom (pak Erwin), tilisannnya bagus bgt… makasih dah di ijinin buat ngerepostnya… semoga bermanfaat..

JANGAN PERNAH KECEWA …..
Krn mungkin keinginan kita yg terlalu besar..
Krn mungkin mimpi kita yg terlalu tinggi..
Krn mungkin harapan kita yg terlalu jauh..
Mawaslah pd kemampuan..posisi dan kodrat kita..sehingga kmu tidak akan pernah kecewa.. Read the rest of this entry

Sholat Autopilot

Ada yang tahu arti autopilot??? Kalo versinya om wiki kayak gini nih “autopilot adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidrolik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia”…. Ah intinya mah tuh kendaraan jalan sendiri tanpa driver….

Trus??? Apa hubungannya ama sholat???  Sebenarnya tak ada hubungannya, hanya saja ini istilah yang saya pakai untuk keadaan sholat tertentu… oke let me expalin it….

Ketika kita sholat, seharusnya dalam keadaan khusyu’ Read the rest of this entry

Sudahkah Kita Tarbiyah???????(part 1)

Adakah yang tahu tarbiyah itu apaa???? Kalo lum tahu, coba kita ulas “sedikit” tentang tarbiyah ini… tarbiyah diambil dari kata bahasa arab Raba-Yarbu yang bermakna bertambah dan berkembang atau Rabiya-Yarba yang bermakna  tumbuh dan berkembang serta Rabba-yarubbu yang bermakna memperbaiki, mengurusi, mengatur, menjaga dan memerhatikan.

Seseorang dikatakan tertarbiyah bukan hanya karena dia udah punya murobi atau dah punya agenda “pekanan” aja… kalo Cuma itu kayaknya terlalu dikit dah…

Oke… mari kita cek apa aja parameter2 yang bisa kita jadiin acuan buat kita evaluasi diri… apakah kita sudah tertarbiyah ato belon. Disini hanya Read the rest of this entry

Aku Rindu Zaman Itu

Sekedar meneruskan tulisan yang sangat menyentuh ini dari seorang ustadz…

Aku Rindu Dengan Zaman Itu

Aku rindu zaman ketika “halaqoh” adalah kebutuhan,bukan sekedar sambilan apalagi hiburan

Aku rindu zaman ketika “membina” adalah kewajiban, bukan pilihan apalagi beban dan paksaan

Aku rindu zaman ketika “dauroh” menjadi kebiasaan, bukan sekedar pelengkap pengisi program yang dipaksakan

Aku rindu zaman ketika “tsiqoh” menjadi kekuatan, bukan keraguan apalagi kecurigaan

Aku rindu zaman ketika “tarbiyah” adalah Read the rest of this entry

Boleh ga sih kita beda pendapat??

Juru dakwah ato yang disebut DA’I adalah menusia biasa yang kadangkala benar dan kadangkala salah dan kadangkala memiliki perbedaan pendapat, mereka bukanlah malaikat yang tak pernah salah, dan juga bukan setan yang senantiasa menggoda keimanan bani Adam. Masalah perbedaan pendapat adalah hal yang biasa bagi siapapun yang bekerja dan berusaha dalam satu bidang. Tetapi dibawah naungan cinta, kasih sayang dan persaudaraan karena ALLAH, dan dengan dorongan ikhlas dan tajarrud(membulatkan diri kepada ALLAH) segala kesalahan Read the rest of this entry

Infiltrasi

Sekedar meneruskan tulisan dari seorang kawand yg didapat dari salah satu milist yang saya ikuti, tulisan ini sangat bagus dan merupakan realita yang terjadi di masyarakat kita saat ini… walaupun tulisannya agak panjang, tapi semoga kita dapat bersabar untuk menuntut ilmu. Tulisan ini menggambarkan proses reduksi2 nilai Islam di masyarakat Indonesia, lebih jelasnya silahkan dibaca sendiri ya…..

*”Infiltrasi”*

Oct 4, ’10 3:56 PM

Akmal Sjafril

assalaamu’alaikum wr. wb.

Sejak awal, ide-ide sekuler-liberal memang tidak sesuai dengan kepribadian diri masyarakat Indonesia pada umumnya.  Memang benar, sebagaimana bangsa-bangsa lainnya, bangsa Indonesia pun tidak semuanya taat pada agama yang dipeluknya masing-masing.   Read the rest of this entry