Efek samping dan efek depan menunda-nunda pekerjaan

Gambar

 

Sebuah pekerjaan, apapun pekerjaan/aktivitas itu pasti akan menghasilkan sesuatu yang lain. Karena seperti halnya prinsip kekekalan energi, bahwa energi itu tidak akan lenyap, akan tetapi berubah menjadi hal lain. Misanya lagi menulis, aktivitas menulis itu menghasilkan sebuah tulisan. Makan menghasilkan kenyang. Dan banyak aktivitas-aktivitas lainnya yang menimbulkan gejala-gejala lain.

Dulu waktu jaman SD kita pernah mempelajari kalo manusia itu hidup sebagai makhluk sosial dan makhluk individu. Sebagai makhluk sosial artinya kita membutuhkan interaksi dengan orang lain untuk memenuhi kehidupan. Sedangkan sebagai makhluk individu kita memiliki kewajiban-kewajiban terhadap diri kita sendiri.

Kenapa tulisan ini berjudul “efek samping dan efek depan menunda-nunda pekerjaan”??  disini saya ingin mengingatkan kita bersama bahwa segala aktivitas kita itu berdampak pada masa depan kita dan juga berdampak pada orang-orang di samping-samping kita.

Mari kita bayangkan jika seorang petani menunda untuk melakukan penanaman padi? Maka dampak yang di timbulkan akan macam-macam, yang pertama  panen akan tertunda, yang kedua distribusi ke pengepul juga akan tertunda, trus penjualan beras akan tertunda dan konsumen juga akan tertunda untuk menikmati sebutir nasi.

Terkadang kita tak sadar kalau setiap aktivitas kita selain berdampak pada diri kita, juga memiliki dampak pada orang-orang di sekitar kita. Oleh karena itu saat ini penulis mengajak pada kita semua untuk tidak lagi menunda-nunda setiap pekerjaan-pekerjaan kita. Tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia.

M.T 

Advertisements

About Ibnu Syukur

#KarenaHidupAdalahSeniMenentukanPilihan orang yang baik adalah orang yang bisa menjaga waktu. )^_^'(

Posted on 01/03/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: