Tidur saat Puasa Malah Bikin Lemes

habis baca artikel di sini jadi pengen sharing deh…., yang kerjaannya cuma tidur2 aja di bulan puasa….. jangan di biasakan yah….., jangan menggunakan alasan “tidur dibulan puasa=ibadah”, itu haditsnya dhaif loh (baru tahu setelah ikut kajian ramadhan 2 tahun yg lalu)… kalo lagi puasa jangan tidur mulu….sebaiknya tetap melakukan aktivitas sehari-hari . Alasan menghemat tenaga dengan tidur-tiduran justru bisa buat badan makin lemes, ga semangat n ga  bertenaga…

menurut artikel yg saya baca gini nih….(kutip langsung ah…)

Dr Ari mengatakan bila merasa ngantuk atau lelah, tidur sah-sah saja dilakukan. Tapi yang menjadi masalah adalah tidur dilakukan ketika tubuh merasa dalam kondisi ‘on’.

Pada saat tubuh dalam kondisi siaga dan orang sengaja menidurkannya dengan tidur-tiduran, maka otot-otot tubuh akan melemas. Sehingga pada saat berusaha untuk melakukan sesuatu, tubuh tidak siap untuk melakukannya.

Menurut Dr Ari, ketika orang tidur-tiduran, tubuh mengirimkan pesan ke otak untuk bermalas-malasan, hasilnya tubuh pun akan menanggapi pesan dari otak dengan respons otot yang santai.

“Selain itu, ada juga alasan psikis. Kalau tidur-tiduran kan bawaannya malas, jadi seharian nggak bersemangat dan lemas. Otot juga tidak ready melakukan aktivitas,” tambah dokter sekaligus Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Pada saat otot-otot mulai melemas, maka diperlukan waktu yang cukup untuk mengembalikannya ke kondisi ‘on’ lagi. Sayangnya, pada saat puasa tubuh tidak dapat segera menggantikan tenaga yang hilang dan otot yang melemas tersebut.

Dr Ari menyarankan orang tetap melakukan aktivitas sehari-hari ketika berpuasa, tetapi menghindari aktivitas yang berat atau dilakukan di tengah hari.

Hindari aktivitas yang terlalu berat untuk menghindari pengurasan tenaga otot yang dapat menyebabkan keringat dan kehilangan elektrolit berlebih, yang pada akhirnya menyebabkan orang dehidrasi pada saat berpuasa.

nah gimana??? masih mo tidur2an???, kalo menurut ustadz yang pernah ngisi kajian saya, tidur=ibadah tuh cuma buat orang ahli maksiat…. kan kalo mereka tidur berarti mengurangi maksiat mereka kan, nah buat ahli ibadah mah…. malah harus perbanyak ibadah…

ayo semangat kawand…..perbanyak ibadah….. jadikan Ramadhan tahun ni sebagai Ramadhan terbaik yang pernah qt lalui….

bandung, 26 agustus 2010 jam 11.19 am. (M.T)

Advertisements

About Ibnu Syukur

#KarenaHidupAdalahSeniMenentukanPilihan orang yang baik adalah orang yang bisa menjaga waktu. )^_^'(

Posted on 26/08/2010, in mixed, Pemuda, taujih. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Betul jga mas, ane baru sadar kemaren2 bahwa ketika tidur lalau bangun ko’ terasa haus ya..? klo g tidur ko’ g haus ??
    jdi ini toh perintah otak dan otot.. ^_^

  2. Betul jga mas, ane baru sadar kemaren2 bahwa ketika tidur lalau bangun ko’ terasa haus ya..? klo g tidur ko’ g haus ??jdi ini toh perintah otak dan otot.. ^_^
    +1

  3. semoga kita bisa bertemu kembali di tahun depan dengan bulan penuh berkah amin……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: