Menaklukkan “dia” Didalam Hati

Berhubung lagi agak males mikir…. Akhirnya memutuskan buat cari bahan bacaan yang simple n nyantai2 gitu…… nemu deh buku yang judulnya “kujemput jodohku”, karya Fadlan Al-Ikhwani… buku yang lumayan tipis… dan dapet pinjeman dari seorang kawand…. Buku ini ukuran bacanya seeh…. Bisa di golongkan kedalam buku yang Habis dalam sekali duduk… soalnya buat ngerti buku ini ga perlu mikir lagi…

Oke… mari coba kita petik sedikit pelajaran dari buku nih….

Buku ini punya 6 bab isi utama….intinya buku ini berisi tentang “kemanusiaan”… kita mulai dari bab 1 ya….bab ini memiliki judul utama “Saat Bayangannya kembali mengganggu” wajarlah kalo seorang laki2 ato wanita memiliki ketertarikan antar sama lain… yang ga wajar itu kalo tertarik yang sejenis…., tapi gimana kita me-managenya itulah yang dituliskan didalam buku ini… kita perlu menjaga hati kita agar tidak terjerumus dalam godaan setan…

Ketika bayangan si “dia” selalu mengganggu kita, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan (menurut buku ni) yang pertama adalah ingat kekurangannya…  dengan mengingat kekurangannya , pokoknya kalo terlintas wajahnya yang menurut kita “menarik” dan menggoda iman langsung alihkan pikiran kita ke kekurangannya, misal kalo terlintas kalo wajahnya yang cantik…. matanya yang bersinar….. hidungnya yang mancung…. dan bibirnya yang indah , langsung alihkan pusat perhatiannya kita ke kekurangannya, misalnya oh ternyata dia itu cerewet, suka teriak2, ga bisa masak, kalo tertawa terlalu lebar, dan sukanya menyuruh2 aja… ato hal2 yang lainlah… pokoknya kekurangannya aja… tapi jangan di omongin ke “dia” cukup di pikiran dan dihati kita aja…. Ini bukan maksud untuk tajassus(mencari2 aib) tapi ini cuman biar kita ga terpesona ama “keindahannya” dan tidak terbuai oleh gejolak nafsu dan bukan bertujuan untuk meremehkan ato merendahkan orang lain. Daripada kita senyum2 karena menikmati keindahannya yang semu, kan mending senyum2 karena ada yang lucu????? Iyakan??? Toh kedua aktivitas itu sama2 nyengir….

Hal lain yang harus dilakukan adalah “melupakan kebaikannya”, ini bukan bermaksud untuk melupakan balas budi dan bersifat naif, intinya kebaikan orang lain emang harus selalu kita ingat,dan kalo perlu disimpen rapet2, tapi jangan pernah mengingat2 “wajahnya” cukup kebaikannya saja,  misal kalo kita pernah dibantu “dia” dibawakan makanan ato memberikan tausiyah2, toh orang lain selain dia juga ada yang pernah bawakan makanan dan beri tausiyah kan???? Itu maksudnya… jangan pernah hanya terfokus pada kebaikan yang pernah “dia” berikan, tapi ingatlah juga kebaikan yang pernah orang lain lakukan…

Hal ketiga yang bisa dilakukan adalah…. Ingat pelajaran tentang “cinta monyet” entah darimana istilah cinta monyet pertama kali muncul, intinya “perasaan” yang menggebu2 itu anggap aja seperti angin lalu…. Toh istilah cinta monyet identik dengan perasaan cinta2annya pelajar remaja yg hanya main2 tanpa ada keseriusan ke jenjang pernikahan, kalo Cuma buat main2, lebih baik LUPAKAN saja lah… dari pada nanti sakit hati……

Keempat adalah, kita harus menjaga “interaksi dan komunikasi”, kalo dalam buku ini dicontohkan dengan “SMS”, kita perlu hati2 terhadap SMS, bisa jadi SMS yang masuk ke hape kita akan mengobrak-abrik hati kita, komunikasi perlu kita jaga, kalo tidak ada urusan, ya sedini mungkin kita mengurangi komunikasi dengan si “dia”, ketika kita ber-SMSan dengannya, langsung to the point aja terhadap hal2 yang memang perlu di komunikasiin, ga usah pake acara dikasih smile2lah, pake nanya kabar segala lah, inilah itu lah… bla….bla…bla……,  bukan menyuruh untuk menjadi pribadi yang “dingin” tapi kita emang tidak perlu “mencairkan” suasana yang memang suasana itu tidak perlu di cairkan… coba kita bandingkan 2 sms ini…

SMS 1:

Wanita : Assalamu’alaykum, punten nanya, pekan nih dah balik ke bandung lum???

Laki2: wa’alaykumsalam, udah, ada apa gitu? Tumben nanya segala??

Wanita: enggak, Cuma mo nanya neh, kita rapat lagi kapan?????

Laki2: hem….. kayaknya hari rabu sore aja gimana???

Wanita: oke…. Makasih… ^_^

Laki2: sama2 ^_^

SMS 2:

Wanita: Assalamu’alaykum,punten, kita rapat lagi bahas proker kemaren kapan ya???

Laki2: Wa’alaykumsalam, kalo rabu sore bisa ga???

Wanita: bisa

Laki2: oke rabu sore di sekre.

Inti dari kedua sms diatas sama kan??? Kalo ada yang simple kenapa dibikin panjang???  Toh sms yang kedua bisa menghemat pengeluaran pulsa kita…selain  sms, kita juga perlu menjaga komunikasi yang lain juga…. Baik secara langsung atao yg ga langsung… misal email2an ato chating2an….

Sebenarnya masih ada hal lain yang bisa, diambil dari bab 1 buku ini, mungkin beberapa hal diatas adalah yang sengaja saya cuplik, agar kita mampu menjaga hati kita, jangan sampai kita jatuh cinta, tapi cobalah bangun cinta, bangun cinta karena ALLAH, bukan jatuh cinta karena bujukan setan….

“Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena kecantikannya, karena keturunannya, karena hartanya, dan karena agamanya, maka, pilihlah yang beragama agar kamu beruntung.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Mungkin cukup dulu deh… bab2 berikutnya nyusul kalo masih ada waktu buat nulis lagi… semoga bermanfaat…!!!

Bandung, 23 agustus 2010 9.22 pm. (M.T)

Advertisements

About Ibnu Syukur

#KarenaHidupAdalahSeniMenentukanPilihan orang yang baik adalah orang yang bisa menjaga waktu. )^_^'(

Posted on 23/08/2010, in Mahasiswa, Muslim, Pemuda, taujih. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Subhanallah mantabs bgt nih postingan mas…
    Klo misalnya kita suka terus sebaiknya gmn mas? tapi kita uda menjaga hal2 tersebut… apa kita terus menjaga hal2 tersebut sampai kita bener2 matang utk menikah baru boleh ya mas? Mohon solusinya…

    • suka gimana neh???? kalo sekedar suka2 aja mah mending lupakan…..
      jangan buru2 nikah… nikah itu bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan bio, kalo mo menikah, qt harus punya tujuan dan alasan yg jelas… jangan cuma berdasarkan “suka” aja….
      nikah emang harus di segerakan tapi ga boleh buru2, karena buru2 itu perilaku setan…
      kalo ada “perasaan” suka, Rosulullah hanya memberikan 2 solusi…., yaitu nikah… kalo belum sanggup maka puasalah….. cuma 2 itu ok2…. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: