Tidak Ada Tidur di Surga

Percaya ga kalow di Surga nanti ga ada yg namanya tidur?? Kalo ga percaya… oke….. kita coba sedikit bahas tentang hal yang namanya “tidur”, tidur bisa diartikan sebagai bagian dari periode alamiah kesadaran yang terjadi ketika tubuh direstorasi (diperbaiki) yang dicirikan oleh rendahnya kesadaran dan keadaan metabolisme tubuh yang minimal (keren kan bahasanya???), masih ga ngerti??? Okedeh kalo begitu, dalam bahasa yg lebih simpel tidur berarti istirahat karena capeknya badan ato otak, makannya kalo kuliah ato rapat2 di gedung kura2 sana ga sedikit yg tidur, karena otaknya udah lelah mikir…..entah mikirin rakyat ato mikirin kapan selesenya rapat ato kuliahnya karena bosen….

Dah jelaskan???? Intinya tidur itu karena kelelahan…., nah apakah di Surga kita bisa tidur??? Jawabannya adalah “TIDAK”, kenapa kita tidak bisa tidur di Surga??? Karena kelak di Surga kita akan selalu disibukkan oleh kenikmatan-kenikmatan yang tak ada putusnya yang diberikan oleh ALLAH karena Rahmat-NYA. Sebagaimana ALLAH telah berfirman kepada kita dalam surat Huud ayat 108:

“Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam Surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki(yg lain);sebagai karunia yang tiada putus-putusnya”

Ini adalah nikmat besar yang dirasakan orang yang beriman di Surga, tidak ada satu waktupun yang pergi tanpa ada kenikmatan dan kebahagiaan, walaupun dengan usia yang panjang tak ada habisnya, seandainya ada tidur diSurga, maka itu berarti terputusnya nikmat, padahal sudah dijelaskan dalam ayat 108 surat Huud bahwa karunia-NYA tiada putus-putusnya.

Surga adalah kerajaan besar dimana orang yang beriman berjalan-jalan di dalamnya, dania dalam kesibukkan yang kekal, kenikmatan itu kekal dan tidak terputus sedetikpun. ALLAH berfirman dalam surat Yaasiin ayat 55-58:

“Sesungguhnya penghuni Surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan(mereka). Mereka dan pasangan-pasangannya berada dalam tempat yang teduh, bersandar diatas dipan-dipan. Di Surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apasaja yang mereka inginkan. (kepada mereka dikatakan) ‘Salaam’ sebagai ucapan selamat dari Tuhan yang Maha Penyayang”

Gimana kita bisa tidur,Kalaw kita selalu disibukkan dengan kesenangan-kesenangan di dalamnya??? Kita akan disibukkan dengan Bidadari-Bidadari dan kenikmatan-kenikmatan lain yang ada di dalamnya.

Mungkin kita pernah mendengar perkataan orang “pekerjaanku memakan waktu 24jam” ataau “aku tidak punya waktu untuk tidur” atow mungkin “ ga sempet tidur euy, semalam asik nonton piala dunia soalnya” atau kalimat-kalimat lainnya lah…

So??? Tak ada waktu untuk tidur di Surga, karena kenikmatan dan kerajaanbesar yang tidak ada yang mengetahui kadarnya kecuali ALLAH. Iya kan???Tapi kok ga capek??? Apa ga bosen seneng2 terus??? Mungkin pertanyaan itu akan muncul di dalam pikiran kita… tenang… jawabannya sudah ada…silahkan dibaca lebih lanjut tulisan ini.

Diantara sifat-sifat penghuni Surga dan kenikmatannya adalah tidak adanya kotoran, penyakit, sampah dan daki, semua itu intuk menambah penghormatan dan menjaga kewibawaan mereka karena mereka adalah penduduk Surga yang dimuliakan oleh ALLAH. Nah capek ama bosen kan salah satu dari penyakit kita kan??? Jadi tak ada lagi yang namanya capek atau bosen. Semua ini merupakan ciptaan baru yang ALLAH bentuk terhadap hamba-hamba-NYA yang beriman di dalam Surga. Dalam surat Al-waqi’ah ayat 61 disebutkan

“…..dan membangkitkan kamu kelak(di akhirat) dalam keadaan yang tidak kamu ketahui.

Menurut Ali Ash-Shabuni dalam Shafwah At-Tafsiir kalimat dalamayat tersebut memiliki makna bahwa ALLAH tidak lemah untuk mengembalikan kita pada hari kiamat dalam penciptaan baru yang tidak kita ketahui dan tidak bisa dijangkau oleh akal kita.

Selain penjelasan dari ayat-ayat Al-qur’an diatas, kita juga bisa mengetahui kalau kelak di Surga tidak ada lagi tidur dari hadist Rasulullah yang diriwayatkan dari jabir bin Abdullah dan Abdullah bin Abu Aufa, bahwa Rasulullah bersabda:

“Tidur itu saudaranya mati, dan penghuni Surga tidak tidur” (HR. Ibnu Addi dalam Al kamil, Abu nu’am dalam ALhilyah, Abu syaikh dalam tarikh Ashafahan dan disebutkan dalam silsilah Al Ahadits Ash-Shahihah oleh Al Albani)

Gimana??? Nikmat kan yang namanya Surga??? Sampai-sampai tidurpun tak sempat, karena saking asyiknya di Surga…. Yo mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan, dan kelak menjadi penghuni Surga bersama-sama (Amiin)….

Semoga bermanfaat…. Tulisan ini menggunakan buku Enslikopedia Surga karya Mahir Ahmad” sebagai rujukan.

Bandung, 17 agustus 2010 09.49.am (M.T)

Advertisements

About Ibnu Syukur

#KarenaHidupAdalahSeniMenentukanPilihan orang yang baik adalah orang yang bisa menjaga waktu. )^_^'(

Posted on 17/08/2010, in Muslim, taujih. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. PERTAMAX…..
    Assalamu’alaikum mas… wah bagus nih postingan ane bantu rate deh…

    dan ane suka kalimat ini
    “dalam bahasa yg lebih simpel tidur berarti istirahat karena capeknya badan ato otak, makannya kalo kuliah ato rapat2 di gedung kura2 sana ga sedikit yg tidur, karena otaknya udah lelah mikir…..entah mikirin rakyat ato mikirin kapan selesenya rapat ato kuliahnya karena bosen….”

    Semoga aj salah satu atau salah dua dari penghuni gedung kura2 baca postingan ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: