Bilangan Indonesia Itu Uniq loh!!!

Indonesia punya cerita neh tentang angka2, kenapa angka “5” disebut “LIMA”, “6” disebut”ENAM” dan sebagainya. Dalam bahasa Indonesia ternyata angka2 tuh ga cuman berarti sebagai bilangan saja loh… kalo kita coba liat dari “sudut” lain, kita bisa melihat sisi lain yang uniq dari angka2 yang selama ini kita kenal…, oke deh.. mari kita coba kaji (gaya pakai dikaji segala, sebelum dikaji, perlu kita tahu “Pola unik ini hanya bisa ditemukan di Indonesia”

Pertama kita lihat dulu angka2 yg ada (versi bahasa indonesia):

1 = Satu           2 = Dua           3 = Tiga           4 = Empat       5 = Lima

6 = Enam         7 = Tujuh         8 = Delapan     9 = Sembilan   0 = nol

Kita coba lihat dari angka 1-9 dulu, karena angka nol (0) kita bahas nanti, coz nol punya keunikan yg lain…

Ini nih keunikan angka-angkanya:

  • Setiap bilangan yang penyebutannya memiliki huruf awal yang sama, jika keduanya dijumlahkan, maka hasilnya pasti sepuluh. Ngerti ga??? Oke ni penjelasan simplenya Satu dan Sembilan huruf awalnya sama yaitu “S”, jika djiumlahin Satu dan Sembilan maka hasilnya adalah sepuluh (1+9=10). Terus Dua dan Delapan (2+8=10), Tiga dan Tujuh (3+7=10) kemudian Empat dan Enam (4+6=10). Lima dijumlahin dengan Lima juga(5+5=10),.
  • Huruf awal juga punya peranan penting terbentuknya bilangan itu loh….. contoh nih Satu ama Sembilan huruf awalnya sama-sama “S” secara urutan alphabet huruf “S” ada di urutan ke-19 (ga percaya itung sendiri yah). Nah angka Satu ama Sembilannya kalo dijumlahin, terus dibagi dua (kenapa harus dibagi 2?? Jawabnya untuk mencari rata-ratanya) maka hasilnya adalah 5.iya ga??? Bingung??? Kayak gini nih…(1+9)/2=5. (1 ama 9 di dapet dari urutan ke 19… 2 di dapet karena emang terdiri dari 2 angka aja yaitu 1 ama 9),. Nah bentuk angka 5 mirip kayak huruf  “S” kan
  • Kemudian Dua ama Delapan. Bila “delapan” dibagi “dua” maka hasilnya adalah empat, nah huruf alphabet ke empat adalah “D”. makanya 2 dan 8 disebut“D”ua dan “D”elapan.

  • Untuk angka Tiga dan Tujuh, cukup kita lihat dari huruf T kecil (t) dan T besar (T).coba tulis huruf “T” dengan font Times New Roman, terus putar huruf “T”nya 90 derajat kearah  jarum jam. Mirip angka 3 kan??(maksa seh).. nah untuk angka Tujuh, coba putar huruf T kecil (t)180 derajat maka bisa kita lihat angka “t”ujuh.

  • Selanjutnya Empat dan Enam.. diantara Empat dan Enam ada angka lima kan?? Nah Huruf alphabet kelima adalah “E”, makanya penyebutannya jadi “E”mpat dan “E”nam.
  • Kalo angka Lima, coba kita lihat huruf “L”, trus putar berlawanan jarum jam sebesar 50 derajat,  nah bakal kelihatan kayak huruf “V” kan??  Nah huruf V dalam penulisan angka di bahasa arab berarti 7 kan, jika kita tulis angka 7 dalam bahasa arab dan angka 5 dalam bahasa Indonesia, terus dijumlahin hasilnya akan samadengan 12 kan (V+5= 12)?? Nah huruf alphabet ke 12 adalah huruf “L”, makannya angka 5 disebut “L”ima


Ga cukup disitu keunikannya, dari angka Satu sampai Sembilan puluh Sembilan, sama sekali tidak ada huruf “R” dalam penyebutannya, kalo ga percaya coba aja hitung sendiri… trus kenapa dibahas huruf “R” segala??? Oke mari kita coba analisa…., tahu ga kenapa orang indonesia bisa dengan mudah mengucapkan huruf “R”, karena ketika kecil… anak Indonesia tidak akan mengenal huruf R sampai dia bisa menghitung sampai angka “seratus”, beda dengan negara lain, misal inggris, mereka sudah harus bertemu dengan huruf R ketika sudah hitungan ke tiga. Bagi anak kecil, huruf R tidaklah mudah untuk diucapkan, butuh sering2 latihan lidah buat bisa ngucapinnya, nah beruntungnya anak Indonesia, mereka tidak akan bertemu dengan huruf “R” sebelum mampu menghitung sampai seratus, makannya lidah orang indonesia bisa mudah mengucapkan huruf R, karena untuk mencapai huruf R, lidah mereka harus  pemanasan dulu dengan 99 angka tanpa huruf “R”.

Gimana??? Uniq kan??? Indonesia gitu loh……, tulisan ini hanya sebagai analisa uniq saja… jangan dijadikan referensi utama yah…. Tapi kalo mau juga gappa seh… sebagian tulisan berasal dari pemikiran pribadi dan dari forum sains.

Semoga bermanfaat yah… lumayan buat refreshing……

Bandung , 30 juli 2010. Jam 10.34pm (M.T)

Advertisements

About Ibnu Syukur

#KarenaHidupAdalahSeniMenentukanPilihan orang yang baik adalah orang yang bisa menjaga waktu. )^_^'(

Posted on 30/07/2010, in Indonesia, inspirasi, Pemikir, Pemuda. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: