manusia otak kanan ato kiri???

Berawal dari obrolan ringan saat perjalanan pulang cibodas-bojong soang , muncul deh ide buat tulisan kayak gini… awalnya sih ga sengaja kenapa tiba-tiba mulai membicarakan pola pikir manusia berdasarkan dominansi otaknya…. Sebenarnya banyak tema yg di obrolin saat perjalanan kemarin, tentang lagu maher zein, masa lalu, bisnis, pola pikir, sampai bahas masalah hizb. tapi yang cukup menarik adalah tentang pola pikir manusia berdasarkann dominansi otaknya….

Sebenernya bagian otak tuh banyak, tapi disini “Cuma” akan dibahas tentang otak kanan dan otak kiri , itupun hanya tentang pola pikirnya saja. Berdasarkan penelitian(entah siapa aja yg meneliti… penulis mah teliti dari mbah gugel, dan mas wiki), otak manusia tuh punya fungsi yang  berbeda-beda,  masing-masing belahan otak-kiri dan kanan memiliki spesialisasi  yang berbeda, mengelola jenis informasi yang beda serta mengatasi jenis masalah yang beda juga. Makanya setiap orang akan memiliki keunikan sendiri… tergantung berapa persen dia terbiasa menggunakan bagian otaknya…

Menurut hasil penelitian, fungsinya terbagi sbb:

Otak bagian Kiri

  • Realistis dan penuh perhitungan (kuantitatif)
  • Melakukan bagian yang lebih logis/verbal. Berkaitan dengan kata-kata
  • Lebih identik dengan penalaran(kognitif),logis
  • Pembagian hal-hal yang spesifik
  • Analisa
  • Cara berpikir terstruktur atau serial (prosedural)
  • intrapersonal ,self-centric
  • Terikat oleh waktu

Otak bagian Kanan

  • Intuitif, Kreatif, kualitatif
  • Berkaitan dengan gambar-gambar
  • Imajinasi, Suara Hati
  • Hal-hal yang bersifat keseluruhan(general) dan hubungan antar bagian
  • Sintesa, yang berarti menyatukan
  • Cara berfikir acak atau paralel(kadang dah jauh kemana…eh dia balik lagi….)
  • interpersonal ,other-centric
  • Bebas Waktu

Orang dengan dominansi otak kiri dan orang dengan dominansi otak kanan cenderung memiliki sudut pandang yang berbeda, terkadang orang otak kanan melihat orang otak kiri kehidupannya serba membosankan, harus ini dulu lah, itu dulu lah, pokoknya membosankan lah…  sedangkan orang otak kiri akan memandang aktifitas yang dilakukan oleh orang otak kanan sangat ga jelas, dan ga bermanfaat, bahkan kadang terfikir “ngapain mereka lakuin gitu ya???”. perbedaan sudut pandang ini lah yang terkadang membuat orang otak kiri dan orang otak kanan tidak bisa saling memahami.

Sebenarnya pola pikir otak kanan dan otak kiri bisa dirubah dengan cara mencoba berfikir dari “sudut” lain, karena perbedaan pola pikir masing masing orang dipengaruhi oleh seberapa sering dia menggunakan bagian otaknya, idealnya sih masing-masing orang mengolah dan mengembangkan kemampuan agar mempunyai kemampuan yang seimbang  antara kedua belahan otaknya. Akan tetapi orang cenderung untuk tetap tinggal dalam “zona nyaman” dari belahan dominan mereka dan memproses tiap situasi menurut preferensi otak kanan atau kirinya.

Pola pikir ini berpengaruh juga terhadap cara berfikir tantang bisnis yang mungkin akan dikembangkan oleh mereka, masing-masing memiliki cara berfikir sendiri… orang dengan dominasi otak kiri sebelum melakukan bisnis mereka akan menghitung peluang pasar dan  modal, serta cenderung mencari pengalaman orang yang sudah sukses dan belajar atau mengikuti sistemnya. Sedangkan  orang dengan  otak kanan, mereka akan mempelajari peluang bisnis nya dan dilanjutkan sediakan modal dan langsung mulai bisnis.

Oh iya secara aktifitas fisik bisa juga lho kita lihat siapa yang dominansi otak kiri dan siapa yang kanan, gini nih caranya, pertama rentangkan kedua tangan, terus rapatkan kedua tangan (kalo gatau lihat  gambar dibawah), terus perhatiin jempol mana yang ada diatas

Kalo jempol tangan kiri yang diatas berarti cenderung berfikir dengan otak kanan.  Tapi kalo jempol tangan kanan yang diatas, berarti cenderung berfikir dengan otak kiri, kalo ga percaya, coba dibalik posisinya, pasti ga nyaman rasanya…

Semoga bermanfaat, cobalah pahami orang lain dari sudut pandang mereka, tapi jangan melupakan jati diri sendiri juga… apapun yang terjadi pada kita itulah yang terbaik dari-NYA.

Bandung, 6 juli 2010. Jam 09.53.pm. (M.T)

Advertisements

About Ibnu Syukur

#KarenaHidupAdalahSeniMenentukanPilihan orang yang baik adalah orang yang bisa menjaga waktu. )^_^'(

Posted on 06/07/2010, in Indonesia, mixed, Pemikir, Pemuda. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Yoi.. nuhun pisan sudah mengulas lebih lengkap ttg ini.. subhanallah ya otak pun bisa menjadi sebuah sumber kekayaan karakter sehingga bumi ini jadi penuh warna..
    let’s maximalize our left and right brain potential,,

  2. tertarik ama kutipan ini, “Pola pikir ini berpengaruh juga terhadap cara berfikir tantang bisnis yang mungkin akan dikembangkan oleh mereka, masing-masing memiliki cara berfikir sendiri..”
    apakah ada kecenderungannya klo seorang pebisnis ato karyawan itu baiknya yg berotak dominan sebelah mana?

    • mayoritas penduduk bumi memiliki pola pikir otak kiri, sedangkan otak kanan hanya 10-20% aja… kalo masalah pebisnis ato karyawan….. wah kurang tahu tuh…

  3. usul dunkz,, sekaian diulas gmn cara nya bisa mengembangkan diri dengan qt dah tau dominasi penggunaan otak masing-masing tersebut,,
    tnx

    • wah dah banyak yang ulas eh, dominansi tuh bukan buat pengembangan diri, tapi harusnya kita mampu menyeimbangkan keduanya… cz kalo terlalu dominan satu sisi… jadi agak kurang baik juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: