TAK ADA JALAN UNTUK BERMAKSIAT

Kawand mungkin terlalu sering kita “lalai” dan banyak melakukan dosa…. Coba ingatlah beberapa hal ini jika kita hendak melakukan dosa atau sebuah kemaksiatan.

Pertama, bila kita hendak bermaksiat, janganlah kita memakan rizki yang diberikan ALLAH. Seluruh penjuru bumi ini, baik di barat,di timur, di utara, di selatan, didarat ,di laut, di kebun dan di gunung-gunung, adalah rizki yang diberikan ALLAH kepada kita, maka pantaskah kita melanggar peraturan-Nya? sementara kita masih memakan rizki yang diberikan oleh ALLAH???

Kedua, bila kita hendak bermaksiat kepada ALLAH, janganlah kita tinggal di bumi-Nya dan janganlah bernaung dibawah langit-Nya! bukankah bumi dan langit ini milik-Nya? Kalau demikian patutkah kita makan rizki dari ALLAH dan tinggal di bumi-Nya serta berada dibawah langit-Nya padahal kita masih melakukan maksiat kepada-Nya??

Ketiga, jika kita hendak berbuat maksiat, cobalah mengindar dari Pengawasan dan Pendengaran ALLAH yang Maha Mengetahui segala rahasia dan melihat setiap hati nurani. Mungkinkah kita melakukan itu??? Kalau tidak, masih Layakkah kita menikmati rizki-Nya, tinggal di bumi-Nya, bernaung dibawah langit-NYA dan maksiat kepada-Nya sedangkan ALLAH melihat dan mengawasi kita?

Keempat, jika kita hendak bermaksiat, coba bayangkan apabila datang kepada kita malaikat maut yang hendak mencabut nyawa kita, maka cobalah katakan kepada malaikat maut itu, tunggulah dulu, aku mau bertobat. Mungkinkah???  Padahal ALLAH telah berfirman:

“Dan Allah tidak akan menunda (kematian) seseorang apabila waktu kematiannya telah datang. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS: Al-munaafiquun ayat 11).

Kita tidak mungkin mampu menunda kematian kita, maka tentu malaikat maut itu akan datang kepada kita kapan saja, mungkin sebelum kita bertobat.

Kelima, jika kita hendak bermaksiat, coba kita bayangkan apabila datang malaikat Mungkar dan Nakir kepada kita, coba lawanlah kedua malaikat itu dengan segenap kekuatan kita, mampukah??? Jika tidak mampu, kenapa masih ingin melakukan maksiat???

Keenam, cobalah kita bayangkan, pantaskah kita menolak untuk dimasukkan ke neraka oleh padahal kita masih bermaksiat, melanggar perintah-Nya serta tidak menjalankan perintah-Nya???

Mungkin masih banyak hal-hal yang bisa mencegah kita untuk berbuat dosa, enam hal di tulisan ini hanyalah sebagian kecil saja, tapi minimal cobalah ingat enam hal diatas jika kita hendak melakukan dosa. Tulisan ini diambil dan dikembangkan dari beberapa artikel yang pernah saya baca… Alhamdulillah, terima kasih dan Segala puji badi ALLAH tuhan semesta alam yang telah mengingatkan kita melalui tulisan ini. Terima kasih kepada siapapun yang mungkin membuat artikel-artikel semacam ini. Semoga bermanfaat.

Bandung, 17 juni 2010, jam 22.08.pm. (M.T)
Advertisements

About Ibnu Syukur

#KarenaHidupAdalahSeniMenentukanPilihan orang yang baik adalah orang yang bisa menjaga waktu. )^_^'(

Posted on 17/06/2010, in Indonesia, inspirasi, Muslim, Pemikir, Pemuda, taujih. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: